3 Cara Mengejar Ketertinggalan Pelajaran

11/25/2018 11:07:00 PM

Bismillah, Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh.


3 Cara Mengejar Ketertinggalan Pelajaran - Assalamu'alaykum teman - teman. Pada kesempatan kali ini saya ingin membagikan sebuah artikel tentang bagaimana caranya kita mengejar ketertinggalan pelajaran di sekolah ataupun mata kuliah di kampus. Pasti banyak dari kita yang merasa dalam proses pembelajaran di sekolah atau kampus menemui ketertinggalan, baik dalam hal materi ataupun pemahaman. 

3 Cara Mengejar Ketertinggalan Pelajaran


Nah, untuk hanya mengejar nilai sebenarnya sangat mudah sekali, hanya dengan melakukan SKS(Sistem Kebut Semalam) sudah sangat mencukupi, yaitu dengan cara kita belajar dari kisi - kisi soal yang akan keluar, dan dengan mencari soal -soal tahun sebelumnya. Kita pelajari cara mengerjakan soalnya sembari sedikit belajar konsep. Hal ini bisa dilakukan jika kita sudah mengetahui sebagian dari pelajaran yang akan kita kejar, atau dengan kata lain kita belum tertinggal jauh. Namun jika belum tau sama sekali pelajaran yang akan kita kejar, maka pelajarilah yang paling tinggi peluangnya untuk keluar pada saat ujian. Dengan cara seperti inilah, hasil dari ujian akan bagus. Yaitu dengan SKS dan belajar soal-soal.

Cara seperti ini sangat bagus untuk mendapatkan nilai yang bagus, naik kelas, dsb. Namun sebenarnya cara ini menghasilkan utang pengetahuan yang semakin lama semakin menumpuk. Jadi orang yang seharusnya belum lulus, sudah diluluskan. Seharusnya belum wisuda, namun diwisudakan dan tidak tahu apa yang dipelajari pada saat kuliah.

Biasanya hasilnya akan terlihat ketika S3, ketika dibutuhkan pemahaman akan konsep yang kuat. Yang tidak bisa didapatkan ketika kita hanya latihan soal. Sehingga dalam hal ini, cara yang bagus untuk mengejar ketertinggalan namun dengan menghindari hutang pengetahuan adalah sebagai berikut :

1. Miliki Mindset, jka ketinggalan, maka kejar. Jangan berdiam diri saja.

3 Cara Mengejar Ketertinggalan Pelajaran

Yang pertama harus dilakukan adalah kita harus membentuk mental kita agar mau mengejar ketertinggalan dari pelajaran tersebut. Karena biasanya jika ketinggalan dengan suatu pelajaran, akan muncul rasa cemas, takut, dan alasan - alasan lain yang bisa menunda kita untuk mengejarnya. Alhasil kita tidak mendapatkan apa - apa dan hanya berdiam diri di tempat tanpa progress, dengan menghabiskan waktu yang ada.

2. Lihat Pohon Pengetahuan. Buat pemetaan dari pelajaran yang akan kita kejar.

3 Cara Mengejar Ketertinggalan Pelajaran


Yang kedua adalah, kita harus membuat pemetaan dari pelajaran yang akan kita kejar. Karena dengan mengetahui pemetaan pelajaran ini, akan sangat membantu kita dalam proses belajar. Sehingga kita dapat fokus belajar, dan tahu apa yang akan kita pelajari. Dengan cara kita kuasai dahulu yang paling dasar, dari akarnya, kemudian baru ke tahap yang lebih susah. Karena buah tidak akan didapatkan tanpa akar, batang, dan ranting yang jelas dan terpetakan.

3. Master The Basics! Kuasai 90% dari materi sebelum mempelajari materi berikutnya.

3 Cara Mengejar Ketertinggalan Pelajaran

Nah ini yang terpenting, ketika kita ingin mengejar materi sebuah pelajaran. Pastikan kita menguasai tahap sebelumnya dari pelajaran tersebut. Karena biasanya pelajaran itu bertahap, jadi contohnya suatu rumus adalah bentuk perkembangan dari materi yang kita dapatkan sebelumnya. Maka dari itu, usahakan kita kuasai materi sebelum pelajaran yang akan kita kejar tersebut, minimalnya 90%.

Demikian 3 Cara Mengejar Ketertinggalan Pelajaran. Semoga dapat kita pahami bersama dan dapat kita praktekkan, sehingga dapat bermanfaat bagi kita semua. 

Wassalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh.

Sumber : Hutata YouTube Channel (https://www.youtube.com/watch?v=2eMj0VnsExw)

You Might Also Like

0 komentar

Pengikut

Like us on Facebook