8 Cara Supaya Konsisten Belajar

2/11/2019 05:26:00 PM

Bismillah, Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh



8 Cara Supaya Konsisten Belajar - Banyak diantara kita yang masih mengantuk "sekte" SKS, alias Sistem Kebut Semalam, yaitu sistem belajar dengan cara belajar hingga begadang semalam sebelum ujian dilaksanakan. Ini merupakan suatu hal yang kurang baik karena dengan kebiasaan melakukan SKS, kita menjadi tidak rutin dalam belajar, serta banyak sekali pembuktian bahwa belajar dengan cara SKS membuat materi yang dipelajari tidak tahan lama di otak, atau dengan kata lain cepat lupa. Alhasil hasil belajar kita sia - sia saja, dan terkesan hanya mengejar nilai tinggi. Padahal kita diharuskan menuntut ilmu dengan niat yang baik dan lurus, yaitu untuk mengangkat kebodohan dalam diri kita.

Nah, dalam menuntut ilmu ini, kita juga dituntut untuk konsisten dan sebisa mungkin meninggalkan budaya SKS, seperti yang tadi kami jelaskan. Maka dari itu, berikut 8 Cara Supaya Konsisten Belajar, menurut Hutata (Hujan Tanda Tanya) YouTube Channel.

1. Cari dan Tumbuhkan Motivasi Intrinsik

Cara Supaya Konsisten Belajar

Buat motivasi dari dalam diri kita untuk apa kita belajar. Sehingga memicu kita agar lebih semangat untuk belajar. Menurut studi, motivasi intrinsik dan proses belajar adalah dua hal yang saling menguatkan. Dengan adanya motivasi intrinsik ini, kita menjadi lebih semangat dalam belajar. Setiap ilmu yang kita dapatkan dapat memuaskan diri kita sehingga kita ingin kembali belajar dan terus belajar.

Namun motivasi ini sifatnya naik turun, bahkan ada dimana kita berada pada suatu titik ketika motivasi itu tidak ada sama sekali. Nah, solusinya adalah dengan memulai belajar. Mulai saja belajar, maka in syaa Allah motivasi akan tumbuh dengan sendirinya. Salah satu cara untuk memulai belajar ada di step 2.

2. Terapkan 20-Second Rule Tiap Awal Sesi Belajar

Cara Supaya Konsisten Belajar

Dalam 20 detik pertama aktivitas, singkirkan semua hal yang dapat membuat fokus kita buyar. Terkadang memang fokus kita tidak bertahan lama, hanya sekitar 10-20 menit, setelah itu selalu saja datang distraksi. Nah, maka dari itu kita harus melatih diri kita untuk kembali ke fokus ketika datangnya distraksi. Salah satu caranya adalah pada step ke 3.

3. Terapkan Teknik Pomodoro Agar Tidak Mudah Lelah Dalam Belajar

Cara Supaya Konsisten Belajar

Teknik Pomodoro adalah dengan kita fokus untuk belajar selama 25 menit, kemudian kita break selama 5 menit untuk mengistirahatkan pikiran kita dan sesekali refreshing agar fokus kita bisa tahan lama. Setelah break 5 menit, lanjutkan belajar 25 menit dan kembali break selama 5 menit, lakukan selama 4 kali pengulangan pomodoro selepas itu lakukan long-break selama 30 menit.

4. Adakan Sesi Belajar Setiap Hari, Walaupun Cuma 10 Menit

Cara Supaya Konsisten Belajar

Kita harus menyempatkan untuk belajar setiap harinya, jangan sampai bolong. Lebih baik belajar 10 menit perhari selama sepekan daripada 70 menit hanya sehari dalam sepekan. Karena yang pertama akan lebih menguatkan sirkuit neuron di otak dan akan membentuk habit.

5. Cari Cara Belajar Terbaik Dari Diri Kita Agar Belajar Lebih Lancar

Cara Supaya Konsisten Belajar

Setiap orang memiliki gaya belajar masing - masing, ada yang visual, dengan gambar seperti diagram, ada yang aural, dengan mendengarkan orang menjelaskan, ada yang dengan membaca/menulis, dan ada yang lebih suka eksperimen langsung.

6. Buat Menu Belajar Atau Study Plan Yang Sesuai Dengan Diri Kita

Cara Supaya Konsisten Belajar

Jika sudah menjadi kebiasaan, proses belajar bukan sesuatu yang sulit lagi. Dengan adanya study plan, akan lebih memudahkan kita dalam belajar. Setiap ketika akan masuk kelas, kita dapat membaca - baca materi terlebih dahulu karena kita tahu apa yang akan dipelajari.

7. Manfaatkan Waktu di Kelas untuk Berinteraksi dan Bertanya Kepada Guru

Cara Supaya Konsisten Belajar

Aktifkan diri kita di kelas, jika dosen bertanya cobalah untuk menjawab. Jika ada kesempatan, jangan malu - malu untuk bertanya kepada guru atau dosen di luar waktu kuliah.

8. Cari Role Model dan Tiru Cara Mereka Belajar


Lihatlah cara seseorang dalam belajar, lihat kegigihan mereka. Lihat kerja keras mereka dalam belajar. Dan tiru dalam proses belajar kita. Kita harus berusaha lebih, karena Al-Imam Asy-Syafi'i pernah berkata mengatakan "Jika kamu tak sanggup menahan lelahnya belajar maka kamu harus sanggup menahan perihnya kebodohan".

Intinya kebiasaan baik itu perlu dimulai, dan mulailah dari sekarang. Semoga bermanfaat dan kita dapat konsisten belajar dengan baik.

Wassalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh.

Sumber : Hutata YouTube Channel (https://www.youtube.com/watch?v=MNASMGurS4k)

You Might Also Like

0 komentar

Pengikut

Like us on Facebook